HARGA TOYOTA di SOLO | Dealer Nasmoco Solo Baru  : Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Boyolali, Sragen, Karanganyar

nasmoco logo  social facebook box blue 32 social twitter box blue 32 social yahoo box lilac 32

Harga Toyota Calya di Solo .......saatnya inden Beli Calya Agya di Solo.....beli Toyota di Solo :....Avanza 2016...Veloz...Innova...Fortuner...Rush...All New Yaris...Etios...Alphard...Etios...All New Vios ...Corolla Altis...Camry...NAV1...HiLux...HiAce...FT86...Truk Dyna...Land Cruiser... Marketing Toyota SOLO Baru telphone : FRAM ISHARDONO 081229745678 | 0816679678 | 0817778678...PIN BB 7454E872....Harga Spesial...Kredit mobil Toyota Uang Muka DP murah dan mudah area Surakarta...Sukoharjo...Wonogiri...Sragen...Karanganyar...Boyolali...KLATEN

Transmisi Otomatis Toyota

Dealer Toyota Solo -
Apakah Mobil yang Anda gunakan sekarang bertransmisi otomatis? mari (belajar) ketahui kode transmisi dan cara penggunaan kendaraan transmisi otomatis yang Anda gunakan untuk menghindari kesalahan dalam pemakaian mobil Toyota Anda.

transmisi gate sift toyota

Mobil Toyota di Indonesia pada dasarnya memiliki 2 tipe. Line Type dan Gate Type. Namun model terakhir yang menggunakkan Line Type adalah Avanza 2006 dan Agya. Mobil Toyota di Indonesia sekarang menggunakkan tipe transmisi Gate Type. Tipe transmisi Gate Type ini memiliki alur yang berkelok untuk menghindari kesalahan pengemudi memposisikan tuas transmisi. Tipe transmisi ini pada dasarnya memiliki kode P,R,N,D-3,2,L meskipun ada beberapa tipe mobil yang hanya meiliki beberapa kode sesuai dengan fungsi kendaraannya.

Kita bahas mengenai fungsi masing-masing kode transmisi otomatis dan cara menggunakkannya :

A. Fungsi Tuas Transmisi Otomatis :

P --> Transmisi (roda) dalam posisi terkunci (mobil tidak dapat bergerak dan didorong) digunakan saat parkir.

R --> Posisi mobil bergerak mundur.

N --> Posisi mobil dalam keadaan bebas koneksi antara transmisi dan mesin.

D --> Digunakkan untuk berkendara dengan kondisi normal, transmisi pada posisi ini akan berpindah secara otomatis sesuai kecepatan mobil.

3 --> Digunakan untuk berkendara dengan kondisi normal pada posisi ini transmisi otomatis akan berpindah sesuai kecepatan sampai kepada roda gigi ke tiga.

2 --> Digunakan untuk jalan menurun (memberikan efek "engine brake") atau mendaki. Pada posisi ini perpindahan transmisi dibatasi hingga roda gigi kedua saja.

L --> Digunakan untuk daerah yang berkintur jalan curam seperti di pegunungan, yang berguna menahan laju mobil (engine brake) atau mendaki. Perpindahan transmisi mobil dibatasi untuk roda gigi pertama saja.

+/- --> Fungsi ini terdapat pada mobil Sport Toyota yang digunakan pada saat melakukan akselerasi dan deselerasi secara cepat dan dapat digunakan layaknya transmisi manual.  mode ini terdapat pada mobil Toyota seperti : FT 86, Corolla Altis, Camry, NAV1, Alphard.

Shift Lock --> Fungsi tombol sift lock ini untuk melepas kuncian tuas transmisi agar dapat dipindah ke posisi N (saat mesin mati). Digunakan untuk parkir paralel ditempat yang memang disediakan dan dalam kondisi jalan rata.

B. Cara Penggunaan Mobil Transmisi Otomatis :

1. Saat akan menghidupkan Mesin :

  • Kendaraan dalam kodisi statis atau diam
  • Pastikan tuas transmisi pada posisi <P> atau <N>
  • Hidupkan mesin (untuk mobil Toyota Smart Entry saat menghidupkan mesin harus didahului dengan menginjak pedal rem)

2. Saat akan menjalankan Mobil

  • Setelah mesin menyala, pindahkan tuas transmisi ke posisi <D> untuk maju, <R> untuk mundur
  • Lepaskan rem tangan
  • Pelan-pelan lepas pedal rem, lalu tekan pedal gas secara perlahan dengan kaki kanan. Untuk menambah kecepatan, sukup tekan pedal gas saja.

3. Saat melaju

  • Untuk kondisi normal gunakan posisi <D> operasikan pedal gas dan rem saja
  • Untuk mempercepat laju kendaraan tekan pedal gas sesuai kebutuhan
  • Untuk kondisi menanjak (jalan) gunakan posisi <2> atau jika tanjakan terjal gunakan posisi <L>
  • Untuk kondisi menanjak (berhenti) tekan pedal gas perlahan, rasakan apakah mobil sudah bergerak, bila sudah bebaskan rem tangan dan mobil akan mulai bergerak
  • Untuk kondisi turunan gunakan posisi <2> untuk mendapatkan efek engine brake. Untuk kondisi turunan curam gunakan posisi <L> untuk menahan laju mobil.

4. Saat Berhenti

  • Dalm posisi <D> injak rem saat sedang berhenti dalam kondisi "Stop n Go". Jika sedang dalam kondisi lampu merah (berhenti cukup lama), untuk keamanan di rekomdasikan pindahkan tuas ke <N> atau <P>  dan gunakan rem tangan jika perlu.

5. Saat Parkir

  • Pastikan mobil sudah berhenti, lalu pindahkan tuas ke posisi <P>. Pemindahan tuas ke posisi <P> saat belum berhenti secara sempurna dapat menyebabkan kerusakan transmisi. Untuk cara parkir paralel, pindahkan tuas transmisi pada posisi <P> lalu tarik kunci kontak mobil Toyota Anda. Tekan tombol shift lock sambil pindahkan tuas ke fungsi netral <N>.

Catatan :
Secara natural mobil dengan tuas otomatis akan cenderung bergerak maju/mundur, maka perhatikan beberapa hal berikut untuk keamanan Anda :

  • Posisi tuas <P> adalah posisi yang direkomendasikan saat ingin menghidupkan mesin.
  • Saat berhenti dalam waktu yang lama digunakan posisi <N> atau <P> . Tarik rem Tangan jiak diperlukan.
  • Saat ingin mejalankan mesin, sebelum memindahkan tuas transmisi ke <D> atau <R> awali dengan menginjak pedal rem agar mobil tidak bergerak maju/mundur.
  • Saat dalam kondisi macet tetaplah fokus dalam berkendara.
  • Hindari berhenti ditanjakan dengan cara terus menekan pedal gas karena akan mengakibatkan panas.
  • Hindari menginjak pedal gas berbarengan dengan pemindahan tuas transmisi saat melakukan deselerasi/akselerasi karena bisa menyebabkan mobil tersentak atau bisa mengakibatkan kerusakan sistem hidrolik dalam jangka panjang.
  • Hindari mengoperasikan pedal gas dan rem secara bersamaan karena bisa menyebabkan panas yang berlebihan pada sistem rem dan kemampuan rem.

 

Add comment


Security code
Refresh

Web Link

@Toyota Nasmoco Solo Baru

@Toyota Nasmoco Klaten

@Adit Toyota Klaten

@Nasmoco Grup

@Nanang Blog

@Web Link

@Link market

@Forum Kita

@Ibnu Toyota Surabaya

Alexa Stat

Google PageRank Checker

Iklan Adsense

Website ini Bukan Situs Resmi dari "TOYOTA ASTRA MOTOR" Maupun "NASMOCO".......Website ini merupakan Website pribadi Fram Ishardono selaku Marketing Toyota..........Yang Bertujuan memberikan Informasi dan Media Promosi untuk meningkatkan Kwalitas dan Kwantitas penjualan mobil baru Toyota.........Terimakasih.........Maturnuwun.........Xie Xie.......Sukron.....